Baruada.com - kali ini kita akan memberi tips bagai mana cara Menjual smartphone dengan mudah dan mengurangi kerugian yang tergolong besar untuk pertimbangan kamu sebelum menjualnya. Banyak di antara kalian yang masih tidak terlalu paham bagaimana cara menjual smartphone bekas dengan harga tinggi. Berikut tips yang harus kamu lakukan untuk meminimalkan kerugian bila mau menjual smartphone sebelum itu kamu harus mengetahui tipe-tipe pengguna ponsel, ada yang setia menggunakan smartphone sesuai kebutuhan atau isi kantong. Ada pula yang 'tukang selingkuh', yang mudah terbuai dengan promo atau kecanggihan fitur-fitur yang diusung smartphone baru.

1. Bersihkan Seluruh Body dan Layar Smartphone
Buat kamu yang suka gonta-ganti smartphone dalam hitungan bulan bahkan minggu, tentunya kamu harus bisa merawatnya dengan baik dan sebisa mungkin gunakan case pelidung dan anti gores pada layar. Saat akan dijual buka case dan anti-gores serta bersihkan seluruh bodi smartphone agar terlihat kinclong dan minim baret karena hal ini yang pertama kali dinilai oleh para calon pembeli, karena masih banyak para pembeli baik perorangan maupun toko akan melihat penampilan fisik untuk menilai suatu perangkat itu baik maka ini yang membuat harga jualnya akan semakin tinggi. Sebalinya,  jika jelek dan terdapat baret-baret atau lecet maka harga jualnya pun ikut murah.

2. Periksa Kelengkapan Bawaan

Smartphone yang akan dijual tanpa dus dan aksesoris bawaan di pastikan harga jualnya bakalan turun drastis dibandingkan dengan yang lengkap. Jadi pastikan kamu periksa kembali kelengkapan aksesoris, charger dan perangkat lainnya yang pastinya harga jualnya pun tidak akan membuat kamu kecewa. Jika tidak lengkap, silahkan melengkapi dengan cara membeli kelengkapan yang hilang atau rusak dengan yang baru.

3. Tata dengan Rapi Aksesoris, Charger dan Perangkat Lainnya Di Dalam Box
Berikutnya simpan dan kemas semua peralatan smartphone dengan rapi, kalau bisa susunanya terlihat seperti baru kembali, ini adalah strategi kita agar smartphone dapat terjual dengan harga yang tinggi. ini karena Paradigma seseorang dalam menentukan harga dari sebuah barang adalah tampilan awalnya. Jika ketika melihat pertama kali sudah tidak tertarik, maka harganya pun akan jauh dari apa yang kita inginkan.

4. Jual Online atau ke Toko Konter?
Kamu tahu sendiri  betapa sadisnya tawaran jika menjual smartphone di konter. Wajar sih mengingat mereka akan menjual kembali smartphone yang kita jual dan entah kapan smartphone kamu terjual kembali. Semakin lama, tentunya harga smartphone juga semakin turun dan sebaiknya kamu tawarkan dulu ke teman, tetangga, atau saudara sebelum menawarkanya ke toko konter. Biasanya harga jualnya bisa lebih tinggi, apa lagi bila diiming-iming bisa dicicil dan apa bila tidak memungkinkan saya rekomendasikan langsung saja melalui jasa olx atau Bukalapak. Jika barang kamu bagus, pastinya harga juga bagus.

5. Kasih Harga yang Wajar
Sebagai pihak penjual tentunya kita ingin mendapatkan harga yang layak untuk smartphone yang akan kita dijual. Meskipun begitu, kita harus tahu diri dalam memberi harga dan Jangan pernah samakan saat kita beli baru atau malah lebih tinggi untuk dapat untung. Cara ini biasanya bikin calon pembeli malas menawar. Cek harga pasaran dan berikan harga wajar dan menarik agar cepat laku.

6. Berikan Jaminan
Jika kamu yakin akan barang yang kamu jual sehat walafiat, jangan takut berikan jaminan. Misalnya 3x24 jam untuk jaminan mesin ataupun konsultasi. Tentunya, calon pembeli akan merasa lebih aman dan nyaman, sehingga HP bisa terjual dengan harga tinggi.

7. Jangan Lupa Hapus dan Bersihkan Seluruh Data
Sebelum melakukan semua tips yang ada atas lebih baiknya kamu pastikan dulu smartphone yang akan dijual sudah di factory resetdan tak ada data yang tersisa, dan jangan lupa  mengambil kartu microSD dan kartu SIM. Karena keduanya sudah menjadi identitas dari si pemakai, demi privasi jangan berikan itu sebagai bonus kepada pembeli smartphone karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan dia lakukan. Bisa saja dia berbuat nakal dan mencoba mengembalikan data yang sudah kamu hapus sebelumnya. Bahaya kan?


Itulah sedikit tips dari Baruada.com untuk menjual HP atau smartphone bekas dengan harga tinggi. Jika kamu semua ada tambahan, silahkan sematkan masukkan kamu di kolom komentar di bawah