Tradisi Wajib Jelang Lebaran di Indonesia


Baruada.com – Momen Hari Raya Idulfitri atau biasa kita sebut dengan Lebaran di Indonesia tampaknya menjadi hari yang paling meriah di mana beragam tradisi dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika menjelang. Beberapa diantara tradisi tersebut bahkan sudah dilakukan secara turun-temurun dan masih dijalani hingga Sekarang ini misalnya saja ucapan minal aidzin, ketupat Lebaran, hingga mudik besar-besaran yang Setiap tahun tidak lepas dari tradisi.

Yuk mari kita simak ulasannya berikut ini:

1. Mudik
Tidak bisa di pungkiri lagi Istilah mudik sering kita dengar dan diucapkan oleh banyak orang yang hendak akan pulang kampung dari tempat perantauan mereka, dimana sebagian masyarakatnya yang bekerja mencari nafkah jauh dari kampung halaman untuk pulang dan berkumpul bersama sanak saudara. Karena itu, saat-saat menjelang lebaran dijadikan momen oleh sebagian besar masyarakat untuk pulang kampung alias mudik.

Masa libur lebaran umumnya lebih panjang dibandingkan libur di hari-hari lain dimana Masyarakat manfaatkanya untuk kembali ke kampung halaman dan melewatkan hari raya bersama sanak saudara. Mudik merupakan salah satu tradisi yang masih dijalani hingga saat ini. Bahkan menjadi tradisi terbesar di hari lebaran bagi masyarakat Indonesia. Jumlah pemudik tiap tahunnya bisa mencapai puluhan juta orang.

2.THR
Tunjangan hari raya atau THR selalu diberikan setiap tahun terutama di saat momen lebaran. Bagi guru dan dosen yang sudah PNS maupun buruh THR biasanya turun dari pemilik perusahaan tempat dirinya bekerja. Hal ini bahkan telah menjadi ketetapan resmi pemerintah. Di samping THR karyawan, adapula tradisi membagikan THR pada anak-anak kecil saat lebaran tiba.

3. Halal bin halal
Halal bin halal  biasa digunakan untuk mengunjungi dan bermaafan dengan teman, tetangga dan sanak saudara. Tradisi halal bin halal masih bertahan hingga saat ini bahkan semakin berkembang mengikuti perubahan zaman.

4. Tradisi Serba Baru
Sebagian besar masyarakat Indonesia juga menerapkan tradisi serba baru khususnya pada Penampilan yang modis saat lebaran adalah hal wajib dan kebanggaan sebagian orang indonesia. Entah karena kepercayaan dirinya saja atau sekedar ikut-ikutan orang laina, itu semua hal itu kembali ke individu masing-masing.

5.Menyiapkan kue lebaran
Kue di saat lebaran adalah salah satu dari sekian kebutuhan-kebutuhan yang wajib saat menyambut lebaran. Dimana tidak cukup dengan satu jenis kue saja namun beberapa jenis-jenis kue di mana harus ada di meja ruang tamu contoh saja Kue nastar, kue lidah kucing, kue kastangel, kue putri salju, kue bakiak, aneka krupuk dan rengginang, dan masih banyak jenis kue lainya harus ada untuk menemani setiap sanak saudara untuk lebih mengakrabkan dengan tamu-tamu yang datang silaturrahmi.

6. Rekreasi
Di mana kebanyakan masyarakat Indonesia memanfaatkan momen saat libur lebaran yang cukup panjang untuk berpergian ke tempat-tempat wisata bersama keluarga untuk menghilangkan kejenuhan selama berkerja. Tak heran jika saat libur lebaran tempat-tempat wisata di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta ramai pengunjung.

7. Takbir Keliling
Malam lebaran selalu di nanti-nanti di mana di ditandai dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan setelah sebulan berpuasa. Masyarakat Indonesia punya tradisi tersendiri yang unik di mana dalam mengumandangkan takbir menjelang lebaran ini, biasanya ditandai dengan adanya masyarakat yang melakukan takbir keliling kampung baik dengan menggunakan kendaraan maupun sekadar berjalan kaki.

Posting Komentar

0 Komentar