Mengatasi Rasa Takut Masuk Sekolah Pada Anak


Baruada.com - Bagi sebagian anak, hari pertama masuk sekolah adalah hal yang selalu dinanti-nantikan dengan sangat gembira. Namun, ada juga anak yang justru takut untuk masuk sekolah. 

Hari pertama sekolah merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan oleh anak . Mulai hari itu, ia mengenal lingkungan baru, teman-teman baru dan hari yang baru. Bagi anak mulai bersekolah adalah sebuah tantangan besar bagi-nya dan bagaimana caranya agar kita dapat membuat sekolah itu menyenangkan untuk anak, ada sebagian anak Setelah sampai di sekolah, ternyata anak tersebut tidak mau berpisah dengan orang tua-nya, menggandeng tangan anda erat-erat, meminta Anda ikut masuk ke dalam kelas serta menemani-nya duduk di sampingnya.

Tentu hal tersebut dapat membuat para orang tua sangat kerepotan dalam menghadapi anak. Memang, dalam hal ini anak baru memulain untuk membiasakan diri mengenal lingkungan barunya. Wajar saja jika ia merasa ketakutan yang membuatnya tidak nyaman. Sebenarnya, apa yang dialami oleh anak ini masih tergolong wajar. Namun, Anda bisa mencari solusi untuk menghadapi anak rewel di hari pertama sekolahnya. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa langkah yang dapat orang tua lakukan Berikut tips agar anak senang dan tidak takut sekolah pada hari pertamanya.

1. Bicara Tentang Sekolah Kepada Anak
Ajak anak untuk melakukan pembicaraan tentang sekolah beberapa minggu sebelum hari pertama masuk sekolahnya. Agar anak mendapat gambaran yang menyenangkan tentang sekolahnya.

2. Mengunjungi sekolah
Sebelum hari pertama anak masuk sekolah, ajak anak untuk mengunjungi sekolahnya. Melihat ruangan kelas, tempat bermain dan permainannya, toilet, hingga kantin. Katakan kepada anak bahwa tak lama lagi, ia akan bersekolah di sana. Hal ini akan membuat anak mengenal lebih dulu kondisi sekolah barunya.

3. Ajak Anak Untuk Membeli Peralatan Sekolah
Ajaklah anak ke toko untuk membeli peralatan sekolah yang dibutuhkan anak. Sebelum pergi, buatlah daftar barang belanjaan seperti tas ransel, kotak makanan, dan alat gambar sertal lain-lain. Secara alami anak akan merasa sangat bersemangat memilih sendiri keperluan sekolahnya.

4. Mengenalkan  Anak kepada Guru
Agar anak tidak merasa takut di hari pertamanya masuk sekolah, Anda dapat mengenalkannya terlebih dulu pada gurunya. Hal ini akan membuat anak tidak merasa asing dengan gurunya di hari pertamanya nanti.

5. Sesuaikan Jadwal Anak Sehari-hari
Anda dapat mengatur waktu untuk menyesuaikan jadwal baru anak mulai jadwal tidur, bangun tidur, dan sarapan, serta bermain anak agar sesuai dengan jam sekolah

6. Pastikan anak tidur
Bila anak kurangnya jumlah jam tidur-nya akan sangat berpengaruh terhadap suasana hati anak ketika di sekolah. Usahakan anak sudah makan 1-2 jam sebelum tidur. Karena kalau terlalu dekat waktu makan dengan waktu tidur, otak masih aktif bekerja memerintahkan tubuh untuk mengolah makanan dan tidur menjadi kurang berkualitas dan menyebabkan suasana hati anak kurang bersemagat saat di sekolah

7. Tanyakan Keseruan Yang Di Alami Anak Di Sekolah
Jangan lupa untuk mengobrol dengan anak sekembalinya ia ke rumah. Pertama tanyakan keseruan yang didapat di sekolah, lalu dapat dilanjutkan dengan mendiskusikan hal-hal yang mungkin kurang menyenangkan baginya. Selain agar orang tua dapat memahami situasi yang dialami anak di kelas barunya, mendengarkan cerita anak memberi kita kesempatan untuk memberi dukungan yang tepat agar anda dapat mengerti apa tantangan yang sedang dan akan diselesaikan anak di sekolah nantinya.

Demikian tips dari aris tentang mempersiapkan anak agar senang dan tidak takut saat sekolah pada hari pertamanya, semoga artikel aris ini berguna bagi orang tua yang akan memasukan anaknya kesekolah. Jangan lupa untuk shared serta Komentar dan saran anda.

Posting Komentar

0 Komentar