Tips Memilih Provider Cloud Storage Terbaik Sesuai Kebutuhan Kamu - Baruada.com

Minggu, 21 Juni 2020

Tips Memilih Provider Cloud Storage Terbaik Sesuai Kebutuhan Kamu

  

Baruada.com - Kemampuan teknologi masa kini dalam mem-backup data dan menyimpannya di Cloud, yang bisa secara otomatis mengsinkronisasi Saat ini sudah banyak untuk mengkomodasi kebutuhan menyimpan berkas pribadi di “awan”. 

Selain diakses melalui browser, banyak dari layanan cloud storage ini hadir juga dalam bentuk program komputer dan aplikasi smartphone untuk kemudahan penggunanya. Dengan makin banyaknya layanan ini, maka kamu perlu mengetahui tips memilih aplikasi cloud storage terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Kemampuan teknologi masa kini dalam mem-backup data dan menyimpannya di Cloud, yang bisa secara otomatis mengsinkronisasi file ke semua paralatan gadget anda, sudah banyak mengubah cara kita menggunakan komputer, ponsel, dan alat elektronik lainnya baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

Dengan Layanan Cloud storage dapat melindungi data Anda dari kemungkinan hard drive crash, pencurian, bencana alam, dan masih banyak lagi masalah potensial yang akan datang. Pilihlah Cloud Storage Anda yang sesuai dengan kebutuhan, Namun, jika Anda belum memiliki atau mendaftar ke salah satu layanan Cloud Storage saat ini, segeralah mendaftar karena Anda sudah pasti membutuhkannya!

Inilah tips memilih aplikasi cloud storage terbaik

1.Perbandingan harga dan kapasitas penyimpanan

Jika Anda hanya membutuhkan penyimpanan file berukuran kecil seperti text document kerja atau pribadi, Anda bisa memilih opsi untuk menggunakan versi Free ( Gratis ).

Beberapa penyedia layanan Cloud menawarkan kapisitas penyimpanan mulai satu atau lebih secara Free, namun jika Anda harus membayar pilihlah pilihan harga yang tepat dengan provider yang handal. 

Ada Beberapa provider penyedia Cloud juga meminta Anda untuk mengundang orang lain melalui cara “refer”, agar Anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih banyak.

2.Kompatibilitas antar device

Jika anda ingin mengakses data yang telah dibackup melalui smartphone, tablet dan laptop, Anda harus mencari layanan Cloud yang menyediakan fitur ini. Beberapa provider juga memiliki apps untuk smartphone dan tablet. 

Fitur serbaguna ini memungkinkan anda mengakses file Anda bahkan jika terjadi suatu masalah, seperti kehilangan komputer atau portable device 

3. Aksesibilitas

Carilah provider yang  jarang sekali down atau maintenance mendadak . Pilih yang Technical Support nya selalu tersedia walaupun anda hanya pemilik akun gratis. Software cloud yang Anda gunakan juga harus berjalan dengan cepat dan minim penggunaan resource system. Dari semua itu Anda bisa beralasan untuk memilih Provider Cloud Storage yang terbaik dan berpengalaman.

4 Kemanana ( Security  )

Layanan Cloud storage sebenarnya tidak selalu aman untuk menyimpan file pribadi maupun file perusahan/instansi, setidaknya pilihlah layanan yang menyediakan Enkripsi.

fitur enkripsi sebaiknya kamu tambahkan ke kriteria pemilihan layanan cloud storage. Hal ini untuk menghindari praktik yang disebut dengan hotlinking, di mana file kamu bisa diakses orang lain dengan cara mengetikkan nama file tersebut di mesin pencarian.


Cloud storage itu tidak mahal, dan merupakan cara termudah untuk menyimpan copy dari file Anda ke tempat yang mudah diakses. Banyak Cloud Storage terbaik yang memiliki fitur spesifik, seperti mem-backup dan mengakses koleksi musik anda, atau menolong Anda bukan hanya dengan mengcopy file namun juga dapat berkolaborasi merubah file tersebut bersama partner kerja anda dimanapun. Layanan yang Anda pilih harus mengerjakan fitur dan tugasnya masing-masing dengan benar.

Jangan Lupa Untuk Berbagi Informasi Kepada Sesama