7 Cara Meningkatkan Semangat Belajar Dengan Memotivasi Diri Sendiri - Baruada.com

Kamis, 28 Mei 2020

7 Cara Meningkatkan Semangat Belajar Dengan Memotivasi Diri Sendiri

  

Baruada.com – Hal pertama untuk meraih sebuah kesuksesan adalah dengan belajar. Di mana kita ketahui bahwa dengan belajar, maka akan membuat kita semakin pintar dan tidak akan ada rugi sama sekali. Semakin banyak hal yang kita pelajari maka semakin banyak hal pula wawasan yang kita yang dapatkan mengubah nasib kitaNamun terkadang kita merasa agak bosan atau malas untuk mempelajari suatu hal secara terus menerus, oleh karena itu motivasi belajar sangat penting agar bisa membuat kita semangat terus untuk belajar, berikut ini mungkin tips yang akan bermanfaat untuk meningjatkan motivasi belajar agar lebih bersemangat. 

Nah, untuk menambah motivasi kita dalam belajar di bawah ini ada beberapa tips belajar yang bisa kamu terapkan ketika mengalami kebosanan atau kurang semangat ketika belajar.

1. Atur jadwal untuk Belajar
Aturlah jadwal belajar dalam sehari-hari agar tidak bosan dan Ada baiknya kamu merencanakan Belajar di hari sebelumnya agar kamu dapat mengatur waktu khusus untuk belajar, dan waktu untuk bermain atau bersantai. Dengan cara ini akan membuat kamu akan fokus pada belajar tampa jenuh.

2. Carilah Motivator atau orang yang memberi semangat belajar
semangat belajar tidak datang dari diri kita sendiri dan bahkan bisa jadi  datang dari dorongan orang lain. Untuk itu dengarkanlah cerita kesuksesan orang lain yang mungkin bisa menggerakkan hati anda untuk tetap belajar dengan sungguh-sungguh

3. Bergaul dengan orang yang bersemangat dalam belajar
Adakalanya yang membuat kita untuk malas belajar adalah karena kita salah dalam memilih teman. Teman yang malas belajar dapat memberikan dampak negatif bagi kita, yaitu kita juga akan ikut malas dalam belajar. Begitu juga sebaliknya jika kita sering bergaul dengan orang yang bersemangat, jiwa kita akan terinspirasi untuk menirunya dalam belajar dan kamu juga akan merasa ingin bersaing secara sehat dengan orang tersebut dalam hal prestasi.

4. Buatlah target yang ingin kamu dicapai
Kamu harus mempunyai tujuan, Ketika ada target untuk di tujuan, kamu akan lebih terdorong untuk bangkit dalam menghadapi tantangan yang ada.

5. Jangan belajar bila keadaan  seang lelah
Belajar memang perlu, namun pada saat lelah kamu gunakan untuk belajar, pasti yang terjadi kamu tidak akan konsentrasi yang pada akhirnya menyebabkan malas dan ngantuk. Carilah waktu belajar yang pada saat kamu benar-benar dalam keadaan fit dengan pikiran yang masih fresh.

6 . Singkirkan gangguan
Bila Kamu punya TV, Hendphone, Komputer, majalah yang berada di sekitar kamu, maka akan lebih mudah untuk membuang hal itu. Kamu harus menghindari hal-hal tersebut saat akan memulai belajar. dengan menghindari hal itu maka akan lebih mudah untuk lebih fokus pada apa yang sedang  pelajari.

7. Hargai waktu
Waktu itu penting, jangan pernah untuk sia-siakan waktu kamu untuk bermalas-malasan. Gunakan waktu semaksimal mungkin untuk belajar


Itulah beberapa tips yang dapat di praktekkan untuk meningkatkan motivasi kamu semua dalam belajar dan sampai jumpa di posting Baruada.com berikutnya.

Jangan Lupa Untuk Berbagi Informasi Kepada Sesama